MTsN 1 Lobar News,

       Kuripan, 15 September 2021, Suatu kebanggaan tersendiri bagi warga MTs Negeri 1 Lombok Barat yang mewakili Kementerian Agama Kabupaten Lombok Barat di tingkat Madrasah Tsanawiyah sebagai peserta lomba Madrasah Reform 2021 tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam lomba tersebut yang bertindak sebagai Tim penilai adalah Bapak Ahmad Ikmal, MM, sebagai ketua tim penilai serta Bapak Drs. H. Jalaluddin,M.Ed. sebagai anggota. Madrasah reform adalah program revolusioner reformasi madrasah yang diluncurkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI yang disuport penuh oleh World Bank dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah di seluruh Indonesia mulai dari tingkat Raudhatull Athfal sampai dengan Madrasah Aliyah.

       Lomba Madrasah Reform dilaksanakan pada semua jenjang pendidikan yang bernaung di bawah Kementerian Agama mulai dari Raudhatull Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan MAdrasah Aliyah (MA). Penilaian untuk MTs Negeri 1 Lombok Barat dilakukan pada hari ketiga untuk zona pulau Lombok, dimana sebelumnya pada hari senin penilaian untuk wilayah kabupaten Lombok Timur, dan pada hari selasa untuk kabupaten Lombok Tengah.

       Kedatangan Tim Penilai disambut meriah oleh semua warga MTs Negeri 1 Lombok Barat baik dari guru, staf Tata Usaha, ketua komite beserta mahasiswa PPL UIN Mataram. Proses penyambutan tim penilai lomba berlangsung dalam suasana meriah  dan diiringi dengan gema shalawat thal’al badru ‘alaina. Setelah proses penyambutan dan pemberian selempang oleh kepala madrasah, tim penilai lomba langsung menuju ke tempat acara untuk melakukan proses penilaian. Adapun sususan acara penilaian lomba adalah pembukaan, sambutan-sambutan yang disampaikan oleh kepala madrasah dan ketua tim penilai Madrasah Reform 2021 serta dirangkai dengan doa sebagai acara penutup.

        Dalam sambutannya sebagai kepala madrasah Ibu Dra. Nikmatul Islam, menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan kondisi yang ada di MTs Negeri 1 Lombok Barat. Beliau juga menyinggung persiapan-persiapan yang telah dilakukan oleh panitia, beserta warga MTs Negeri 1 Lombok Barat dalam kegiatan  lomba tersebut. Beliau juga mengucapankan terimaksih kepada semua panitia serta warga MTs Negeri 1 Lombok Barat atas usaha dan kerja keras dalam mempersiapkan kegiatan tersebut. Menurut beliau tujuan dari lomba Madrasah Reform adalah sebagai langkah awal dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah khususnya MTs  Negeri 1 Lombok Barat menuju madrasah hebat bermartabat.

       Sambutan kedua disampaikan oleh ketua tim penilai Lomba Madrasah Reform Bapak Ahmad Ikmal, MM. Dalam sambutannya beliau memaparkan tujuan dan sistem penilain lomba Madrasah Reform. Menurut beliau lomba Madrasah Reform merupakan lomba yang berkaitan dengan peningkatkan mutu pendidikan yang di laksanakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kata Reform maknanya diambil dari kegiatan besar yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama yang disuport oleh Bank Dunia. Kegiatan Madrasah Reform memiliki empat aspek: yang pertama dalam rangka peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan melalui kegiatan PKB, kedua yang berkaitan dengan peningkatan evaluasi pendidikan seperti AKMI, ketiga mensinkronkan semua aplikasi-aplikasi yang ada sebelumnya menjadi satu aplikasi atau sistem, dan keempat terkait dengan pelaksanaan lomba antar madrasah yang dilakukan saat ini. Menurut beliau sistem penilaiannya tidak jauh berbeda dengan akreditasi, sehingga nanti madrasah yang mengikuti lomba tersebut tidak lagi mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan ketika kegiatan akreditasi dilakukan.

       Berakhirnya acara pembukaan, kemudian dilanjutkan dengan penilaian lomba Madrasah Reform untuk MTs Negeri 1 Lombok Barat. Proses penilaian lomba Madrasah Reform ini dibagi menjadi empat penilaian yaitu: Proses Pembelajaran, Manajemen Madrasah, Mutu Guru dan Mutu Lulusan. Proses penilaian berlangsung dengan lancar dan tidak ada kendala sebab semua berkas yang diperlukan sudah dipersiapkan oleh panitia sebelumnya. Tidak hanya guru saja yang dilibatkan dalam penilaian lomba ini. Semua stake holder juga seperti Komite Madrasah, Wali murid serta siswa dilibatkan untuk membuktikan kebenaran berkas-berkas atau lampiran-lampiran yang dipersiapkan sebelumnya.

       Proses penilaian lomba madrasah reform ini berlangsung selama kurang lebih 3,5 jam sesuia dengan jadwal yang telah direncanakan. Proses penilaian lomba juga akan dilakukan di MAN 1 Lombok Barat pada pukul 11.30 Wita. Namun sebelum meninggalkan MTs Negeri 1 Lombok Barat para tim penilai melakukan refleksi bersama kepala madrasah, wakil kepala madrasah beserta perwakilan beberapa guru untuk memaksimalkan kekurangan-kekurangan yang ada.

 

 

 

 

 

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.